Senin, 25 November 2013

Informasi Dan Persyaratan Yang Harus Di Penuhi Untuk Menjadi Pilot

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِي

Informasi Dan Persyaratan Untuk Menjadi Seorang Penerbang (PILOT)



Assalamuallaikum, , ,
Sekian Lama Saya Tidak Aktif Di Dunia Internet Karena Kesibukan Skolah Saya, , :D
Oke Kali Ini saya akan Share Beberapa Informasi tentang Info Persyaratan Untuk Menjadi Seorang Penerbang atau Biasa di sebut PILOT, , ,

Menjadi Seorang Pilot Tidak Begitu Gampang Tentunya, , ,
itu Semua akan Menjadi Gampang Jika kita Mempunyai Niat, , ,Usaha, , ,Dan Semangat Untuk Bisa, , , dan yang pasti harus memnuhi persyaratan di bawah ini untuk menjadi seorang PILOT :


Persyaratan Umum Yang Biasa Di Terapkan Di Indonesia
  1. Untuk flying school seperti STPI Curug,Penerbangan Militer biasanya hanya menerima lulusan SMU, Tapi mulai tahun 2002 STPI curug menerima lulusan SMK,MTS,dan tingkatannya
  2. sedangkan untuk flying school swasta dan beasiswa pilot biasanya menerima lulusan setingkat SMU (SMK,MTS)
  3. biasanya akan menargetkan minim panjang kaki dari pangkal paha 100cm
  4. harus lulus tes kesehatan meliputi jantung,mata dll.
  5. Harus lulus test bahasa inggris yang diadakan flying school tersebut.(bahasa inggris sangat menentukan)
  6. Pengetahuan umum Penerbangan.
  7. Cepat dalam berkalkulasi matematik dan fisika.
  8. Biasanya bila sudah lulus semua persyaratan diatas,calon siswa akan diajak terbang oleh instruktur untuk mengetahui takut tidaknya siswa akan ketinggian dan juga syaraf motorik siswa,serta tanggapnya siswa akan persoalan yang biasa diberikan instruktur kepada calon penerbang.Test tersebut biasa disebut (altitude test)

Hal - Hal Yang Harus Di Perhatikan Untuk Menjadi Calon
 Penerbang (PILOT)


Untuk menjadi seorang penerbang/pilot tidak segampang seperti yang kita bayangkan,karena kita menempuh banyak license untuk menerbangkan pesawat berpenumpang dan juga harus sesuai type Rating pesawat yang ingin kita kendarai.

Hal yang perlu diperhatikan bila kita sudah memutuskan untuk menjadi seorang pilot adalah :

  1. Kita harus menentukan setelah lulus SMU atau setingkat SMA lainnya SMK dll,sesuaikanlah kemampuan anda terhadap jalan yang anda akan lalui untuk mengambil PPL (Private pilot license) dalam artian sesuai kemampuan cost dan kemampuan kesehatan anda. 
  2. Bila anda memang tidak siap dalam cost anda dapat mencoba ikut beasiswa sekolah pilot yang banyak diadakan oleh maskapai penerbangan indonesia atau penerbangan militer,gratis (dengan catatan peserta yang banyak dan test yang ketat)
    Bila anda mempunyai cost tapi tidak banyak,anda dapat mencoba mendaftar di STPI Curug dulu PLP curug (dengan catatan test yang ketat dan peserta yang banyak)
  3. Bila anda mempunyai cost anda dapat memilih sekolah penerbang di indonesia atau diluar Negri biasanya dalam test tidak serumit sekolah penerbang yang gratis dan berbiaya kecil.saya menyarankan di luar negri karena bisa sekalian part time,kerja diluar jam sekolah pilot.
  4. Siapkanlah fisik anda dan juga pelajari cara cepat berkalkulasi matematik dan fisika,dan yang tidak kalah penting adalah bahasa inggris
Apakah Susah Menjadi Seorang PILOT ???

Terbang Melayang layang mengawaki pesawat cessna-150 dari ketinggian 7500 kaki bagi sebagian orang adalah peristiwa menguatirkan, , ,namun bagi para pencinta dirgantara,berada di bawah awan putih berpaut dengan gumpalan langit biru bebas, , ,merupakan posisi terindah menikmati pemandangan kota dan alam sekitarnya.

Jika sebelumnya hanya mereka yang lulus seleksi sebagai penerbang di pusat pelatihan penerbangan PLP CURUG, , ,
sekarang STPI CURUG saja yang boleh mengawaki pesawat ,sekarang pencinta dirgantara pun beroleh kesempatan serupa di deraya flying school di Halim Perdana Kusumah jakarta timur.

Setelah mendartarkan diri calon siswa akan di tes terbang terlebih dahulu.Dalam artian seorang calon siswa akan di ajak terbang oleh seorang instruktur,untuk menentukan dia berbakat atau tidak dan bisa tidaknya calon siswa mengatasi ketakutan atas ketinggian dan fungsi syaraf motoriknya.jika pada tes pertama gagal calon akan dinyatakan gugur & itupun klo siswa telah lulus test kesehatan bhs inggris dan bayar uang administrasi. 

Deraya flying school sendiri bertujuan menuntun agar siswa menjadi penerbang profesional,walaupun sekolah ini ber prinsip semua orang bisa menjadi penerbang.
Persyaratan yang mesti di penuhi pun tidak termasuk sulit,selain warga negara indonesia dan berijasah setingkat SMA 
dan juga menerima lulusan S1,(insinyur) dan juga yang pernah bekerja, serta harus lulus tes kesehatan yang meliputi tes :
1. Mata,
2. Jantung 
3. Bahasa inggris,Dan
4. Panjang kaki minimal harus100cm.
Sekali lagi bahasa inggris berperan penting dalam kelulusan test sebagai seorang penerbang,walaupun dalam penyampaian belajar menggunakan bahasa indonesia tapi semua buku pelajaran menggunakan bahasa inggris dan dalam komunikasi antara pilot dan penjaga menara (tower guard) di seluruh dunia menggunakan bahasa inggris apalagi semua instrument di cockpit pun tidak ada yg menggunakan bahasa indonesia.

Untuk siswa yang sudah lulus DFS menyiapkan pesawat latih jenis cessna 150,cessna 172,cessna 206 dan 402.........
dan sebagai gambaran biaya sekolah disini 1,2 juta per jam total waktu yang dibutuhkan sampai komplit 150 jam jadi total biaya yang keluar 180 jt.
Tetapi bila anda ingin menjadi penerbang dengan cost yang minim atau mungkin tanpa cost anda dapat test di STPI curug,dan test di perusahaan penerbangan yang ingin membiayai untuk sekolah penerbang (pilot) dengan catatan test yang agak sulit...?????
Tapi jangan khawatir banyak perusahaan penerbangan di indonesia yang mengadakan test buat sekolah penerbang gratis,walaupun banyak yang mendaftar mungkin ribuan orang,tapi mencoba tidak ada salahnya.
Karena kita sudah mempunyai basic tentang pengetahuan penerbangan,dan kebanyakan para peserta test kalah dalam test bahasa inggris dan pengetahuan dunia penerbangan,Makanya pesan Saya,Bahasa inggris itu benar - benar sangat penting buat kalian,dan klo bisa ikuti bimbingan test bahasa inggris di luar jam sekolah.
Walaupun di sekolah kita bisa 4 jam belajar bahasa inggris.
Tahun Terakhir ini perusahaan Penerbangan yang mengadakan test sekolah penerbang gratis adalah 
Lion Air, , ,Adam air, , ,Garuda indonesia, , ,Sriwijaya air.
Maka Dari Itu Sebelum Menjadi Calon Penerbang (PILOT) Mantapkan Niat Dulu Dan Mempersiapkan apa yang Sudah Saya Sebutkan Di Atas. ^_^

 License Seorang Pilot 

Seperti halnya profesi lain, pilot juga mempunyai beberapa tingkatan ijin. Ini terkait dengan kemampuan dan jam terbang pilot bersangkutan. Secara umum lisensi pilot terdiri dari 
PPL, CPL, ATPL.

PPL (Private Pilot License)
PPL adalah lisensi paling dasar bagi pilot. Pemegang lisensi ini diperkenankan menerbangkan pesawat untuk kepentingan sendiri dan tidak diperbolehkan membawa penumpang dan dibatasi pada pesawat bermesin tunggal. Selain itu pilot yang hanya mempunyai lisensi PPL hanya diperkenankan terbang pada siang hari dan tidak terbang untuk dibayar (non komersial). Di Indonesia PPL mensyaratkan jam terbang sejumlah 60 jam terbang. 

CPL (Commercial Pilot License) 

Pemegang lisensi CPL diperkenankan menerbangkan pesawat bermesin tunggal, diperkenankan membawa penumpang (berbayar atau tidak) dan diperkenankan untuk penerbangan komersial tanpa kru (sebatas pada penerbangan baliho, penyemprotan kebun, pemadaman api, pesawat sewaan, laporan lalulintas, pemotretan udara bahkan instruktur terbang). Selain itu juga diperkenankan untuk terbang pada malam hari. CPL adalah syarat minimal pilot komersial. Di Indonesia CPL mensyaratkan 200 jam terbang. 

ATPL (Airline Transport Pilot License)
ATPL adalah tingkatan tertinggi kemampuan pilot. ATPL disyaratkan untuk pilot yang bekerja di airline dengan penerbangan terjadwal. Pilot pemegang lisensi ini juga diperkenankan menerbangkan pesawat dengan kru (dua kru atau lebih), pesawat dengan penumpang/kargo besar. ATPL mensyaratkan 1500 jam terbang. Selain lisensi, seorang pilot biasanya juga memiliki sertifikat rating untuk menunjukkan kualifikasi tertentu yang dimiliki pilot bersangkutan. Rating ini meliputi ME, IR, dan rating untuk tipe pesawat. Kualifikasi 

ME (Multi Engine) kualifikasi lisensi ini diperlukan jika pilot akan menerbangkan pesawat dengan mesin ganda.

IR (Instrument Rating) 
kualifikasi diperlukan pada penerbangan malam atau penerbangan ada jalur IFR (Instrument Flight Rule). Jalur IFR adalah jalur penerbangan yang tidak bisa dilakukan dengan navigasi visual (misalnya penerbangan lintas samudra), melainkan dengan bantuan beacon radio di darat. Sedangkan pada penerbangan visual atau dikenal dengan 

VFR(Visual Flight Rule) 
pilot bisa mengandalkan gunung, danau, sungai, gedung sebagai bantuan navigasinya. Masih ada Type Rating, yaitu kualifikasi khusus untuk menerbangkan jenis pesawat tertentu. Misalnya pilot yang biasa menerbangkan pesawat keluaran airbus (seri A340-200, 300, 500, 600) harus meratifikasi lagi kualifikasinya jika akan menerbangkan pesawat Boeng meski seri 737-200. Jadi menjadi seorang pilot tidak bisa dengan cara yang cepat dan gampang. Kualifikasi dan kemampuan yang tinggi tetap diperlukan.

Mungkin Dari apa yang Telah saya share ini "Informasi Dan Persyaratan Yang Harus Di Penuhi Untuk Menjadi Pilot" Bisa Bermanfaat dan Dapat Menjadi Pertimbangan Kembali Bagi Para Pencari Informasi Ke Dirgantaraan, , ,

Terimakasih Sudah Mengnjungi Blog Saya Masih Banyak Lagi Informasi Yang Akan Saya Bagi Tentang Dunia Penerbangan.
Akhir Wassalamuallaikum WR. WB.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar